slaider

Para Kartini Al-Inayah Dewan Guru di Hari Kartini Ibu-ibu Guru Al-Inayah di Hari Kartini Suasana Meriah di Hari Kartini Guru Vs Murid Stay Connected di Hari Kartini

Kamis, 30 Mei 2013

Pengertian Senam Ritmik


A. Pengertian Senam Ritmik
Senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau latihan  bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik menggunakan alat-alat yang dipegang (hand aparatus) seperti bola, tali, pita, simpai dan gada.


 
 
 
Pita                                                          Gada                                                   Tali

Senam ritmik pada awalnya adalah gerakan-gerakan kalestenik (latihan bebas)  yang  bersifat  lamban  dan  diiringi  nyanyian  atau  musik  dan  dilakukan secara massal. Irama yang  digunakan biasanya lagu-lagu berbirama ¾ atau 6/8, seperti lagu Desaku, atau Kelinciku.  Kemudian dalam perkembangannya, senam ritmik  berubah  menjadi  lebih  bersifat  kompetitif,   setelah  namanya  berubah menjadi senam ritmik modern (modern rhythmic gymnastics), dan kemudian sejak itu, menghilang dari ruang lingkup pendidikan jasmani di sekolah.
          Senam ritmik modern awalnya berkembang di Eropa dan telah menyebarkan  popularitasnya  terutama  melalui  klub-klub  dan  studio  senam pribadi. Dalam waktu singkat, senam ritmik ini menarik perhatian para penggemar dari Amerika dan seluruh belahan bumi lainnya termasuk Jepang, dan Indonesia. Pada  tahun  1984,  senam  yang  berbentuk  gerak  tari  ini  masuk  dalam  kancah Olimpiade, dan pertama kalinya dipertandingkan secara internasional. Senam ritmik modern memang menarik, karena elemen dari dansa dan permainan digunakan untuk menciptakan rangkaian menarik dengan menggunakan bola, tali, simpai, pita dan gada, yang dimainkan sesuai iringan musik. Indikator kualitas penampilannya terletak pada irama, aliran, kontras yang dinamis dari seluruh gerakan yang berupa tarian.
B.  Senam Ritmik Dengan Alat Bola
1. Ukuran dan Petunjuk Memainkan Bola
Bola hendaknya dapat selalu diam pada telapak tangan walaupun tidak dicengkeram dengan jari. Dengan demikian, ukuran bola untuk senam ritmik ini adalah bola ukuran sedang,  seukuran bola tangan atau bola voli. Bola plastik sebenarnya bisa juga digunakan.  Kelemahannya  adalah  karena  ia  tidak  bisa dipantulkan.
Ketika melambungkan bola, tenaga harus datang dari bahu dengan lengan lurus dan  gerakan hendaknya mulai dari kaki ke seluruh tubuh dengan enjotan yang rileks.  Bila menangkap bola, jemputlah dengan ujung jari-jari dan biarkan menggelundung  turun  ke  telapak  tangan,  dan  lagi  seluruh  tubuh  mengikuti gerakan menangkap.

                               
1


Untuk gerakan mengayun dan menggelundungkan bola, bola diraih dalam pergelangan tangan, bola berada di antara telapak tangan dan lengan bawah. Untuk beberapa gerakan bola dipegang dalam dua tangan dengan telapak tangan dalam berbagai sikap.
Latihan akan lebih mudah dan menyenangkan dilakukan dengan musik. Irama Waltz (6/8) adalah irama yang terbaik untuk melakukan gerakan mengayun yang lembut, tetapi juga musik itu jangan terlalu lambat sebab akan kurang hidup dan kurang menyenangkan.                Postur tubuh  hendaknya diperhatikan benar-benar, tegak dan ekspresif. Semua gerakan dapat dilakukan pada arah lain.   Bila di sini dilukiskan gerakan dilakukan pada satu arah, anda dapat pula melakukannya ke arah yang lain, kiri atau kanan.
2. Gerakan Bola
Gerakan dasar pada latihan bola dibagi sebagai berikut :
a.  Mengayun  - bola tetap berada di tangan.
b.  Menggelundung  - bola menggelundung di lantai atau di badan
c.   Memantul – bola dipantulkan dalam berbagai cara
d.  Melambung  -  bola dilambungkan dengan satu atau dua tangan ke udara dan ke berbagai arah.
a. Gerakan Mengayun
Ayunan ke depan
Berdiri, bola  dalam  pegangan  pergelangan  tangan  sebelah  kanan,  disamping badan. Ayunkan lengan kanan ke depan setinggi bahu, pindahkan bola ke tangan kiri dan ayun kembali ke belakang. Ulangi ayunan ke muka dan ke belakang. Variasi.
Cobalah variasikan :
a). Lakukan gerakan yang sama dengan langkah panjang. Pindahkan berat badan ke depan dan ke belakang.
b). Lakukan gerakan yang sama dengan glissade (langkah-tutup-langkah)
ke depan.
c). Buat ayunan putaran penuh dengan bola dan akhiri di depan badan, tambahkan glissade ke depan.
Catatan :  Lebih baik variasi gerakan diciptakan oleh siswa-siswa sendiri; guru membantu.
b. Gerakan Menggelundung
1)  Gelundung samping
Berdiri dengan kaki terbuka lebar, bola pada pergelangan tangan kanan, lengan  terbuka  ke  samping.   Bola  digelundungkan  dengan  halus  di  lantai  ke sebelah kiri dan biarkan bola menggelundung ke tangan kiri, sementara itu berat badan pindah ke kiri dan badan membungkuk.

2
2)  Gelundung mengitari badan
Duduk melunjur, bola di pergelangan tangan kanan, lengan keduanya lurus ke samping.  Gelundungkan bola mengelilingi tungkai ke sebelah kiri dan pindahkan ke tangan kiri dan bola diteruskan menggelundung di belakang badan dan kembali ke tangan kanan.
Variasi : Memulai gerakan seperti di atas, tetapi ketika bola pindah ke tangan kiri bola  terus  gelundungkan  seraya  badan  turun  ke  posisi  telentang.         Bola  terus digelundungkan mengililingi kepala dan pindah ke tangan kanan.  Bila bola telah berada di samping kaki, maka badan kembali ke sikap duduk.
c. Gerakan Memantul
1)  Memantul dengan mengayun lengan
Berdiri, bola pada kedua telapak tangan di depan badan.  Pantulkan bola di depan  badan  dan  tangan  diayun  ke  samping  dan  kembali  ke  depan  untuk menangkap bola. Badan dan  lutut mengikuti gerakan bola memantul dengan lembut.
2)  Memantul dengan lutut bengkok.
Berdiri, bola di telapak tangan kanan.  Pantulkan bola bergantian dengan tangan  kanan  dan kiri sementara lutut makin lama makin bengkok; kembali ke posisi berdiri sambil tetap memantul secara bergantian.
3)  Memantul menyilang badan
Kaki terbuka lebar, berat badan di kaki kanan, bola ditelapak tangan kanan yang  terbuka  ke  samping.  Dengan  memindahkan  berat  dari  kanan  ke  kiri pantulkan bola di depan badan dan tangkap dengan tangan kiri.  Tukar gerakan !
d. Gerakan Melambung
Kebanyakan gerakan melambung dapat dilakukan dengan langkah depan, belakang dan samping; atau dengan berbagai langkah tari.
1) Lambungan dua tangan
Berdiri,  bola dipegang dengan dua tangan di depan badan dan di bawah. Dengan langkah depan dan di bawah. Dengan sedikit membengkokan lutut, lambungkan bola ke atas diikuti dengan gerakan lengan dan seluruh badan ke atas, kaki jinjit. Saat bola turun tangkap dengan  ujung-ujung jari tangan, biarkan badan sedikit mem-bungkuk mengikuti gerakan bola, kembali ke sikap semula.
Variasi : Misalnya dengan melakukan ganti kaki (changement) selagi bola melambung.
2)  Lambungan satu tangan
Berdiri dengan kaki kanan di depan dan ujung kaki di luruskan; berat badan ke kaki kiri.  Bola di tangan dan di sebelah kanan. Pindahkan berat  ke depan sambil melambungkan bola. Sambut bola dengan ujung jari kedua tangan dan pindahkan lagi ke tangan kanan. Ulangi dengan sebelah kiri.
Variasi : Lakukan gerakan lambungan dengan kaki silang (croise)
3
C. Senam Ritmik Dengan Tali
Latihan senam dengan tali termasuk ke dalam kategori latihan peregangan dan  pengembangan  daya  tahan  umum,  di  samping  untuk penguatan  kaki  dan tungkai.   Mengapa   demikian,   karena   banyak   dari   latihan   dengan   tali   ini mengarahkan anak untuk memainkannya dengan cara melakukan lompatan tali.
Pembelajaran latihan tali karenanya akan melelahkan jika dilakukan terus menerus.  Karenanya  jika  waktunya  panjang  sebaiknya  kelas  dibagi  menjadi beberapa kelompok  dengan tugas gerak yang berbeda dan selalu diselingi oleh waktu istirahat. Lompat  tali  individual  yang  dimuat  disini  terutama  untuk  putri,  tapi mungkin juga untuk putra sebagai bagian latihan fisik.  Untuk putri, latihan tali lebih condong kepada pengembangan unsur artistik.
1. Bahan dan Ukuran Tali
Bahan yang biasa dipakai adalah tali dari sutra, serat manila, nylon atau bahan lain  yang garis tengahnya tidak lebih dari setengah inchi.         Panjang tali diukur  dengan cara menyuruh siswa berdiri di atas tali, kedua lengan lurus ke samping setinggi bahu  sambil memegang kedua ujung tali oleh kedua tangan. Yang benar biasanya sekitar 10  sampai  12 kaki panjangnya.       Panjang tali ini penting untuk dapat diayun dari pergelangan tangan dengan teknik yang benar. Untuk  sekolah  sebaiknya  membeli  gulungan  tali,  kemudian  dipotong-potong sesuai ukuran, ujungnya dibalut dengan tape agar tidak mengurai.
2. Teknik Pembelajaran
 a. Lompat Tali.
Tali hendaknya dipegang dengan tiga jari, yaitu oleh ibu jari, telunjuk dan jari tengah,  sedangkan jari manis dan kelingking menjepit sekedarnya dengan kepalan halus. Gerakan  terhadap tali umumnya datang dari pergelangan tangan dengan lengan terbuka datar ke samping, siku sedikit bengkok.  Ayunan pertama dari tali dimulai dari bahu kemudian gerakan pada pergelangan.  Kedua kaki harus lurus di udara dengan ujung kaki juga lurus, dan gerakan harus ringan, lompatan juga tanpa suara saat mendarat.  Lompatan tidak perlu tinggi, cukup agar tali dapat lewat dengan mulus di bawah kaki.
b. Ayun Tali
Ayunan dikerjakan dari bahu, siku bengkok dengan gerakan.  Tali diayun dalam  bidang  vertikal, lateral atau horizontal.  Bila lompat tali dilakukan di lapangan, sebaik mereka diminta memakai sepatu tenis. Penggunaan musik akan menambah kesenangan berlatih, dan  akan menambah kemampuan gerak ritmik dari tubuh.  Irama Schottische atau waltz lambat baik sekali untuk pemula, walau begitu irama mars atau polka dapat dipakai.  Pola lompatan harus cocok dengan phrase musik, jadi musik mesti dipilih benar-benar. 

4
Bahkan musik populer  mungkin dapat digunakan bila iramanya bagus.   Musik populer akan menarik siswa, terutama bila mereka sendiri yang membuat pola atau susunan atau rangkaiannya.
3. Menggunakan Tali Sebagai Gada
Tali dilipat dua kali dan buat simpul pada pegangannya dan digunakan seperti gada.
- Melingkar tangan
Berdiri, memegang ujung tali dengan tangan kanan, lurus ke depan.  Buat lingkaran ke depan, ke atas dan ke bawah.  Bila tali telah berada di depan badan cepat pindahkan ke tangan kiri dan ulangi gerakan tadi.
Catatan :  Secara berirama sebaiknya tiap tangan melingkarkan tiga kali. Variasi :   a. Ayun tali misalnya pada arah yang  berlawanan.
- Seperti di atas tapi tambahkan satu putaran badan.
- Melakukan sambil berjalan ke depan atau ke belakang.
- Melingkar badan mengeper
Berlutut pada kaki kiri, kaki kanan lurus ke samping, tali di tangan kiri. Ayun tali ke  atas kepala dan renggutkan badan ke sebelah kanan di atas kaki kanan. Lingkarkan tali ke atas kepala dan bangun ke kanan.  Gerakan melingkar tiga kali dan gerakan ngeper ke samping juga tiga kali.
3. Menggunakan Tali Sebagai Gada
Tali dilipat dua kali dan buat simpul pada pegangannya dan digunakan seperti gada.
- Melingkar tangan
Berdiri, memegang ujung tali dengan tangan kanan, lurus ke depan.  Buat lingkaran ke depan, ke atas dan ke bawah.  Bila tali telah berada di depan badan cepat pindahkan ke tangan kiri dan ulangi gerakan tadi.
Catatan :  Secara berirama sebaiknya tiap tangan melingkarkan tiga kali. Variasi :   a. Ayun tali misalnya pada arah yang  berlawanan.
- Seperti di atas tapi tambahkan satu putaran badan.
- Melakukan sambil berjalan ke depan atau ke belakang.
- Melingkar badan mengeper
Berlutut pada kaki kiri, kaki kanan lurus ke samping, tali di tangan kiri. Ayun tali ke  atas kepala dan renggutkan badan ke sebelah kanan di atas kaki kanan. Lingkarkan tali ke atas kepala dan bangun ke kanan.  Gerakan melingkar tiga kali dan gerakan ngeper ke samping juga tiga kali.
4. Mengayun Tali
Dalam gerakan mengayun ini tali dilipat dua, yaitu dengan menyatukan kedua  ujungnya. Gerakan mengayun dapat dilakukan dengan satu tangan atau dengan dua tangan.

5
a. Melingkar ke samping.
Berdiri, pegang ujung tali dengan dua tangan di depan bahu kanan.  Buat gerakan :
1)  Melingkar depan.
2)  Melingkar belakang.
3)  Melingkar samping kanan dan ganti ke samping kiri.
4)  Lakukan body wave saat tali melingkar ke belakang dan ke atas kepala. Dapat juga dilakukan saat melingkar kiri.
5)  Semua gerakan melingkar ini dapat dilakukan sambil berjalan atau langkah tari.
b. Melingkar di atas kepala
Berdiri, kedua  ujung  tali  dipegang  dengan  dua  tangan  di  atas  kepala. Lakukan melingkar horizontal dengan tali di atas kepala.
Variasi :
1)  Lakukan gerakan itu sambil jalan.
2) Sambil melakukan chaines turn.
3) Melingkar  horizontal  di  atas  kepala  dengan  langkah  depan,  dan  suatu lingkaran horizontal di depan sambil membungkuk sedikit dengan langkah ke belakang, tangan kiri ke depan.
c. Melingkar bawah dengan lompatan.
Berdiri, kedua ujung tali di tangan kanan di samping kanan.   Ayun tali rendah ke sebelah kanan.  Sebelum tali mengenai lantai melompatlah dan teruskan gerakan melingkar itu. (Melompat dengan kaki kiri).
Variasi :
1)  Lakukan beberapa langkah lari kemudian leap, kaki dibuka lebar sampai hampir lurus.
2)  Seperti  gerakan  a.  tetapi  kaki  depan  lururs  sedangkan  kaki  belakang bengkok.
5. Lompat Tali Perorangan
Yang dimaksud lompat tali di sini adalah melakukan lompatan berulang- ulang  dengan  mengayunkan tali berputar ke bawah kaki. Lompatannya adalah lompatan ringan dengan kaki lurus di udara.  Kedua lengan horizontal ke samping dan sebagian besar putaran tali  dengan gerakan pergelangan tangan. Tali tidak boleh menyentuh lantai tetapi harus lewat sedikit di atasnya.  Pada semua gerakan lompatan ke depan, posisi tali bergerak dimulai dari belakang, dan untuk lompat ke belakang, tali diletakkan di depan untuk diayun ke belakang.
a. Lompat depan dasar.
Berdiri, tali di belakang badan, lengan datar ke samping. Melompatlah dengan dua kaki ketika tali berputar ke depan dan hampir menyentuh kaki..
6
Variasi :
1)  Melompat dengan kaki terbuka di udara dan tutup lagi sebelum mendarat.
2)  Kaki terbuka dan menyilang di udara.
b. Lompat belakang dasar.
Berdiri, tali di depan badan, lengan datar ke samping.  Lompat dengan dua kaki ketika  tali berputar ke belakang dan diperkirakan akan memukul kaki jika tidak melompat.
c. Langkah hop ke depan
Berdiri, tali di belakang badan, lengan datar ke samping.  Melangkah ke depan dengan kaki kanan sedangkan tali di atas kepala, hop di atas tali.  Teruskan langkah hop.         Dapat ganti kaki, atau dapat dilakukan dengan kaki terbuka ke depan.
d. Langkah hop ke belakang.
Berdiri, tali di depan badan lengan mendatar.     Melangkah ke belakang dengan kaki kanan saat tali di atas kepala, hop ke atas tali ketika tali dekat lantai.
6. Lompat Berpasangan
a. Pasangan saling berhadapan
Memegang tali dan pasangannya berdiri di hadapn pemegang tali. Memutar tali dan pasangannya masuk melompat bersama-sama.  Keduanya harus saling berdekatan.
Variasi  : Dua orang itu menghadap ke arah yang sama, seoarang di depan yang lain, yang memutar tali yang di belakang.
b. Berpasangan ke samping
Berdiri berdampingan, tangan yang di dalam saling melingkari pinggang teman.  Tangan yang di luar masing-masing memegang ujung tali. Tali diputar bersama oleh keduanya dan melompat dalam irama yang sama.  Lakukan :
1)  Dua kaki lompat ke depan
2)  Dua kaki lompat ke belakang
3)  Hop ke depan atau ke belakang
4)  Langkah lari atau leap ke depan
5)  Kombinasi lari dan leap
6)  Yang lainnya.




7


D. Senam Ritmik Dengan Simpai
Simpai adalah alat berbentuk cincin besar yang terbuat dari fiber glass atau jika untuk  digunakan anak-anak dapat dibuat dari satu bilah bambu atau rotan yang  dipertemukan  kedua  ujungnya  membentuk  lingkaran.  Untuk  menambah indah bentuknya, simpai dapat diwarnai  dengan menempelkan selotif berwarna, atau melingkarkan  kertas  hiasan  berwarna  disekeliling  batangnya,  berselang- seling antara dua atau lebih warna sehingga menambah motif kontrasnya. Teknik-teknik    gerakan                simpai   memerlukan      tenaga  sehingga              dapat membantu  mengembangkan  kekuatan,  koordinasi  dan  kelentukan  ekstrimitas (anggota tubuh) atas terutama lengan dan bahu.
1. Ukuran Simpai
Simpai terbuat dari kayu, pipa aluminium ataupun plastik.   Ukuran juga bermacam-macam, tapi umumnya sekitar : lebar 1 ¼ inchi, diameter lingkaran dalam 27 inchi.  Bila ada dapat juga menggunakan bahan dari rotan.
2. Gerakan dasar
Latihan dengan simpai terdiri atas :
 a.  Mengayun                                                   c.   Melingkar                    
 b.   Melompat                                                   d.  Melambung
Dalam gerakan mengayun, melingkar dan melambung, simpai dipegang dalam bidang  horizontal, frontal melintang di depan badan, di belakang badan, atau di samping badan bergerak ke depan dan ke belakang. Gerakan dengan simpai harus halus, mengalir, dengan gerakan lengan, tungkai dan badan terkoordinasikan dengan gerakan simpai.
3. Teknik Gerakan
a. Gerakan Mengayun
Mengayun dilakukan dengan lengan lurus dan gerakan mulai dari bahu. Bila simpai  diayun pada bidang frontal menyilang di depan badan, lebih baik menggunakan pegangan menghadap belakang.  Gerakan mengayun simpai dapat menggunakan satu tangan, atau dengan kedua tangan.



8
c. Gerakan melingkar
Gerakan melingkar dimulai dari pergelangan tangan. Gerak melingkar dilakukan di depan atau di belakang badan, dapat dimulai apakah simpai berputar ke dalam atau  ke luar. Bila gerakan melingkar di depan badan, pegangan harus dengan telapak tangan ke depan. Melingkarkan simpai ke dalam atau keluar adalah dengan meluruskan jari- jari  dan  ibu  jari  melepaskan  pegangan  terhadap  simpai.  Simpai  melingkar  di antara ibu jari dan telunjuk dan pada punggung tangan. Bila melingkarkan di punggung tangan, mulailah dengan pegangan yang sama (telapak  menghadap ke depan). Tetapi segera setelah jari-jari diluruskan putar  tangan  ke  bawah  dan  simpai  akan  melingkar  pada  ibu  jari,  telapak  ke belakang, simpai bergerak di belakang lengan dan badan. Ini hanya pada lingkaran pertama. Bila gerakan melingkar dilanjutkan, kemudian  simpai akan melingkar pada jari-jari yang lurus.
Memindahkan simpai dari tangan kanan ke tangan kiri, harus dilakukan dengan  gerakan  kontinyu.  Ini  hanya  dapat  dicapai  dengan cara  menempatkan tangan yang bebas  dengan tangan yang sedang melingkar.  Bila memindahkan simpai  ke  tangan  yang  berbedadi  depan  badan,  tempatkan  kedua  tangan berdekatan  pada  posisi yang sama dengan kedua kelingking berhadapan.   Bila pertukaran  dilakukan di belakang badan maka telunjuk bersatu untuk menukar. Pada saat melingkar belakang, ayunan mesti diberikan agar simpai naik vertikal ke atas kepala.
d. Gerakan melambung
Gerakan melambung dapat dimulai dari bahu atau pergelangan tangan. Lepaskan simpai pada akhir dari ayunan, dan tangkap simpai di antara ibu jari dan telunjuk.
4. Gerakan Mengayun
a. Mengayun dan melenting
Kedua lengan di samping mendatar, simpai di tangan kanan, tangan hadap belakang,  kaki terbuka, berat di kaki kanan. Ayun simpai ke bawah di depan badan, ke kiri, tangkap dengan tangan kiri, tangan hadap depan. Pindah berat ke kiri, badan atas lenting ke kanan.  Ayun simpai ke atas kepala ke kiri dan kembali ke posisi semula.
b. Mengayun ke depan dan ke belakang
Berdiri dengan  kaki  rapat,  simpai  di  tangan  kanan  di  samping  badan, tangan  menghadap ke dalam. Ayun simpai ke depan dan ke belakang. Ganti tangan.
c. Ballet point
Berdiri dengan kaki kiri ke depan, simpai di samping kanan, tangan hadap ke  dalam.  Membungkuk  sambil  membengkokan  kaki  kanan,  ayun  simpai  ke belakang, ganti simpai ke tangan kiri, ayun simpai ke depan dan pindahkan berat badan ke kaki kiri di depan.  Ganti gerakan dari tangan kiri.
Variasi :
1)  Lakukan gerakan yang sama dengan satu langkah ke depan.
2)  Lakukan gerakan yang sama dengan satu chasse ke belakang pada ayunan ke belakang, dan satu chasse ke depan saat ayunan ke depan.

9
d. Melenting ke belakang
Berdiri, kaki kiri ke depan, simpai di tangan kanan, telapak menghadap ke atas.  Ayun  simpai  ke  atas  di  depan  badan,  kedua  lengan  diayun  ke  depan. Biarkan lengan kiri lurus di depan, dengan lentingan badan ke belakang, bawa simpai ke belakang.  Ayun simpai ke sikap permulaan.
5. Gerakan Melompat
a. Lompat depan
Berdiri, simpai di depan badan, lengan datar, telapak ke bawah.                Ayun simpai ke bawah dan melompat seperti pada lompat tali.
b. Lompat belakang
Berdiri, simpai dipegang di atas kepala, telapak ke atas.  Ayun simpai ke bawah di belakang badan, dan lompat seperti lompat tali.
c. Step-hop depan.
Berdiri, simpai seperti pada No. 9, lakukan step hop ke atas simpai.
d. Step-hop belakang
Berdiri, simpai seperti pada No. 10, lakukan step-hop ke belakang ke atas simpai.
6. Gerakan Melingkar
a. Melingkar
Berdiri, lengan mendatar kesamping, simpai di tangan kanan, telapak ke depan.  Lingkarkan simpai ke dalam atau lingkarkan simpai ke luar. Variasi :
1)  Chasse pada kaki kiri saat melingkar simpai ke dalam.
2)  Chasse pada kanan saat melingkar simpai ke luar.
b. Melingkar di depan badan dan pindah
Berdiri, simpai di tangan kanan, telapak tangan ke depan.Lingkarkan simpai ke dalam.   Pindahkan simpai ke tangan kiri, ayun ke kiri sampai lengan lurus ke kiri. Ganti arah.
c. Bergantian tangan melingkar
Berdiri, lengan datar ke samping, simpai di tangan kanan, telapak tangan ke depan. Lingkarkan simpai dengan tangan kanan ke dalam. Pindahkan ke tangan kiri di depan badan, lanjutkan melingkar ke luar. Ganti arah.
7. Gerakan Melambung
a. Berdiri dan melambungkan
Berdiri, lengan di samping, simpai di tangan kanan, tepalak ke dalam. Lambungkan  simpai ke atas di depan badan dengan gerakan pergelangan tangan, tangkap simpai dengan tangan kiri. Dari samping kiri.

10
b. Lari, lambung, dan leap
Berdiri, lengan di samping badan, simpai di tangan kanan, telapak tangan ke dalam.  Lari-lari dan lambung simpai ke atas saat leap dengan kaki kanan di depan. Tangkap simpai dengan tangan kiri dan buat scale (sikap kapal terbang), sambil mengayun simpai ke belakang dekat tungkai yang diangkat.
c. Changement (pertukaran)
Berdiri, simpai di tangan kanan, tangan menghadap ke dalam, lengan di samping.  Lompat ke udara tukar kaki, dan sambil melambungkan simpai ke atas dan tangkap dengan tangan yang kiri.
Variasi : Lakukan split jump saat melambungkan simpai.
d. Melambung ke atas kepala
Berdiri, berat badan di kaki kanan, tangan kanan datar ke samping, tangan hadap depan.  Lambungkan simpai ke atas kepala dan tangkap dengan tangan kiri sambil memindahkan berat ke kiri.












1 komentar:

  1. salam kenal sista :)
    mau nanya ni klo snam Ritmic itu mlai populer di indonesia kapn yah ??
    oiya btw sista tau ga toko baju senam wanita yg berkualitas n terpercaya itu dmna yah ?
    mksih, salam sukses :)

    BalasHapus