slaider

Para Kartini Al-Inayah Dewan Guru di Hari Kartini Ibu-ibu Guru Al-Inayah di Hari Kartini Suasana Meriah di Hari Kartini Guru Vs Murid Stay Connected di Hari Kartini

Senin, 13 Mei 2013

Olahraga Sehat Di Rumah

      OLAHRAGA tidak selalu harus dilakukan di pusat kebugaran atau di taman kota. Tidak juga menunggu punya treadmill ataupun seperangkat dumbbell baru rajin berolahraga.
Contohnya saja Dinda Delima (21), yang tetap rajin berolahraga tanpa harus pergi ke tempat fitness atau pusat kebugaran. "Di rumah juga bisa olahraga. Asal ada kemauan, kenapa nggak" Ngapain jauh-jauh ke tempat fitness," ujar wanita yang akrab disapa Dinda ini.
Meski sibuk kuliah, mahasiswi ilmu komunikasi ini mengaku tetap memperhatikan kesehatannya. Salah satunya dengan rutin berolahraga di rumah. "Setidaknya kalau olahraga, badan terasa lebih segar. Jadi, waktu beraktivitas lebih mudah," akunya.
Nah, bagaimana menyiasati waktunya?
Dinda mengaku kerap melakukan olahraga di rumah dengan alat olahraga yang banyak tersedia di pasaran. Cara ini menurutnya ampuh dalam pembagian waktu untuk keluarga dan diri sendiri. "Biasanya selesai Subuh, saya berolahraga sekitar 10 menit," ucapnya.
Olahraga yang biasa Dinda lakukan di rumah adalah jogging, skipping, dan angkat barbel. Menurutnya, olahraga tersebut mudah dilakukan. "Kayak skiping, salah satu olahraga yang sederhana. Bisa dilakukan di rumah dan cukup untuk pembakaran kalori," tuturnya.
Tak hanya Dinda, Rina Rahmawati (21). Mahasiswi IAIN Syekh Nurjati ini juga tak melupakan kebugaran tubuh. Rina rutin berolahraga di rumah setiap hari sebelum dirinya berangkat kuliah. "Berolahraga di dalam atau sekitar rumah nggak perlu biaya mahal, nggak perlu pelatih khusus, dan nggak perlu repot. Yang dibutuhkan adalah kemauan dan niat saja," jelasnya.
Rina biasanya melakukan olahraga jalan kaki di sekitar halaman rumahnya pada pagi hari. Manfaat yang didapat dari jalan kaki bagi Rina adalah meningkatkan vitalitas dan kesehatan tubuh. "Jalan kaki di sekitar rumah biasanya 10 menit. Masih pagi udaranya segar, enak buat jalan kaki atau lari kecil. Manfaatnya banyak, nggak cepet capek salah satunya," tambahnya.
Rina juga mempunyai tips saat berolahraga di rumah. "Salah satunya dengan iringan musik kesukaan, terutama musik-musik up-beat, sehingga dapat membangkitkan energi untuk bergerak," sarannya. (mik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar