slaider

Para Kartini Al-Inayah Dewan Guru di Hari Kartini Ibu-ibu Guru Al-Inayah di Hari Kartini Suasana Meriah di Hari Kartini Guru Vs Murid Stay Connected di Hari Kartini

Kamis, 30 Mei 2013

ASAL USUL SENI

Secara istilah (etimologi) seni berasal dari bahasa Sansekerta (pendapat I Gusti Bagus Sugriwa) yaitu SANI, yang artinya persembahan, pelayanan dan pemberian. Istilah ini berkaitan erat dengan upacara kegamaan yang pada akhirnya disebut kesenian.

Istilah seni juga merupakan padanan kata dari Art (Ingris) dan ars (latin) atau techne (yunani). Istilah techne kerap dipadankan dengan kemahiran atau keterampilan yang tinggi dalam menciptakan benda-benda kebutuhan sehari-hari. Sedangkan istilah seni rupa merupakan padanan kata dari visual art (seni rupa yang dapat dilihat), fine art (seni indah), dan ada pula yang menyebutkan pure art (seni murni). Istilah pure art dimasa sekarang dipadankan dengan karya seni murni yang tidak memiliki kegunaan praktis, sepeti lukisan atau patung.


PENGERTIAN SENI

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak definisi seni diungkapkan oleh para ahli yang apabila disimpulkan terbagi menjadi lima, yaitu :

Seni sebagai ketrampilan
Seni adalah suatu ketrampilan untuk membuat barang-barang atau mengerjakan sesuatu. Definisi ini berpangkal dari bahasa Latin, ars yang berarti ketrampilan atau kemahiran. Orang Yunani mengartikan kata ars ini dengan techne yang kemudian kita kenal dengan sebutan teknik. Jadi, seni dalam batasan ini identik dengan teknik.

Seni sebagai kegiatan manusia
Definisi ini bertolak dari pengertian seni adalah suatu kegiatan atau aktivitas manusia dalam melahirkan karya seni. Hal ini sejalan dengan batasan-batasan yang dikemukakan oleh beberapa ahli antara lain :

  • Leo Tolstoy

Seni adalah suatu kegiatan manusia yang secara sadar dengan perantara tanda-tanda lahiriah tertentu menyampaikan perasaan-perasaan yang telah dihayati kepada orang lain sehingga orang lain itu ikut merasakan perasaan-perasaan seperti ia alami.

  • Everyman encyklopedia

Seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan apa saja yang dilakukan semata-mata karena kehendak akan kemewahan, kenikmatan araupun kebutuhan spiritual.

  • Achdiat Kartamihardja

Seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksi kenyataan dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani dipenerimanya.


Seni sebagai Karya Seni
Menerangkan bahwa seni meliputi setiap benda yang dibuat oleh manusia. Dalam hal ini benda itulah yang disebut karya seni sedang proses adalah sebuah kegiatan untuk melahirkan karya seni.

2 komentar: