Kenapa Multimedia Interaktif diperlukan saat proses pendidikan berlangsung?
Karena menurut saya,(Feby ardiansyah dkv 10)Multimedia Pembelajaran interaktif merupakan suatu aplikasi pembelajaran yang ditujukan untuk menyalurkan pesan pembelajaran berupa pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa dalam belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.Dengan demikian multimedia pembelajaran interaktif adalah media yang dirancang agar siswa dapat belajar secara mandiri, aktif dan terkendali.Apa Pengertian Multimedia Interaktif ?
Multimedia adalah suatu media sangat komplek yang menggabungkan beberapa unsur media yang melibatkan teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi.Apa Manfaat Multimedia Pembelajaran Interaktif?Adanya multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dapat membantu guru untuk mendesain pembelajaran secara kreatif. Dengan desain pembelajarn yang kreatif maka diharpkan proses pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih interatif, lebih efektif, kualitas belajar belajar siswa dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan sikap dan minat belajar belajar siswa dapat ditingkatkan.Apa kelebihan multimedia pembelajaran interaktif dibandingkan media yang lain
1. Memperbesar
benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata. Dengan bantuan
multimedia maka dapat ditampilkan benda-benda seperti kuman, bakteri,
elektron, dll. dengan demikian benda-benda tersebut akan mudah dipahami
oleh siswa.
2. Memperkecil
benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah.
Dengan demikian kita dapat menyajikan benda-benda seperti gedung, gajah,
gunung, candi, rumah, dll. Sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan
materi secara riil melaui gambar, movie atau animasi.
3. Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks, rumit,da berlangsung cepat atau
lambat. Adanya kemampuan ini maka guru dapat menyajikan melaui gambar
animasi atau movie tentang susunan atom, sistem tubuh manusia,
bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet-planer, berkembangnya bunga,
dll.
4. Menyajikan
suatu benda atau peristiwa yang jauh. melalui multimedia maka guru
dapat menghadirkan obyek-obyek seperti planet, bulan, bintang, salju ke
dalam ruang kelas.
5. Menyajikan
benda atau peristiwa yang berbahaya. Dengan kemampuan ini maka guru
dapat menyajikan peristiwa-peristiwa yang berbahaya seperti ledakan bom,
peluncuran roket, letusan gunung berapi, kebakaran, binatang buas,
racun, dll.
6. Meningkatkan
daya tarik dan perhatian siswa. Dengan kemampuan ini maka pembelajaran
dapat berlangsung secara menarik dan meningkatkan motivasi belajar
siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar