Secara umum manfaat yang dapat diperoleh
adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah
waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan
proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta
sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Sedangkan keunggulan multimedia pembelajarn adalah sebagai berikut.
1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
2. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
3. Menyajikan benda atau peristiwa yang
kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh
manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya
bunga dan lain-lain.
4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.
Pertanyaan bagi Bapak/Ibu guru:
1. Apakah Bapak/Ibu guru pernah membuat multimedia pembelajaran? (dengan powerpoint, flash atau software lainya)
2. Seberapa jauh pengaruh multimedia
pembelajaran yang Bapak/Ibu buat terhadap perkembangan belajar siswa ?
(meningkat/biasa/tidak meningkat)
Menurut saya, prinsip yang selama ini saya gunakan.
1. Tidak ada yang salah dengan
multimedia pembelajaran, multimedia pembelajaran diciptakan untuk tujuan
positif, sehingga jika ada akibat-akibat negatif, maka mungkin perlu
dipertimbangkan faktor-faktor lainnya. Misalnya, apakah multimedia
pembelajaran yang kita buat sudah sesuai dengan kebutuha siswa? apakah
sudah digunakan dengan benar?
2. Tidak semua materi pelajaran dapat
kita buat multimedia pembelajaran. Perlu dipertimbangkan kompleksitas
materi. Multimedia pembelajaran cocok digunakan untuk materi-materi yang
sulit dan butuh daya imajinasi, sehingga siswa dapat membayangka dengan
mudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar